Bad Times Story & Oldskull (Komik Indie Indonesia)



Bad Times Story merupakan komik indie/ fotokopi di generasi awal kemunculan komik indie di Indonesia. komik yang dicetak pada tahun 1994 ini dibuat oleh om Athonk, seorang seniman tattoo di Indonesia. Komik bad times story ini merupakan komik yang paling banyak disebut-sebut dalam perbincangan mengenai kebangkitan ketiga komik indonesia setelah tahun 40an dan 70an, khususnya tentang komik indie.

Dan setelah pontang panting mencarinya, maklumlah saya baru menggenal komik indonesia sejak 2010 sedangkan komik ini dibuat tahun 1994 (waktu saya kelas 1 sd), di tahun 2012 ini saya berhasil mendapatkan komik tenar ini langsung dari komikusnya, plus 4 komik karya athonk lainnya: bad times story #2: pure black looking clear, oldskull, oldskull in the garden, dan oldskull in the den of sin.

    Bad Times Story dan Bad Times Story #2 merupakan 2 komik yang saling menyambung, bercerita tentang 3 iblis dan 1 malaikat yang akhirnya berubah jadi iblis. Sedangkan Oldskul, Oldskull in the Garden, dan Oldskull in the Den of Sin merupakan kumpulan komik strip, dan menurut saya, kelima komik ini luar biasa keren, baik secara visual yaitu gambarnya, maupun ide-ide ceritanya.

   Bad time story dimulai dengan kata kata "the bendless warfare of black & white". Digambarkan seorang malaikat memandangi poster bergambar iblis dengan tulisan; "reward. public enemy #1", sambil berkata " i want them".
Malaikat tersebut berusaha menjebak 3 iblis yang sedang memancing dengan menyamar menjadi seekor hiu. Namun 3 iblis berhasil lolos dan terdampar di sebuah pulau bernama Daliland. Dipulau tersebut justru mereka yang berhasil menangkap malaikat dengan sebuah bunga. mereka bahkan mengubah malaikat tersebut menjadi iblis yang keempat.

    Di Bad times story #2, diceritakan para malaikat menyadari kegagalan misi sang malaikat. kumpulan malaikat ini merencanakan strategi memburu 3 iblis tersebut. Dan terjadilah gempuran besar-besaran terhadap 3 iblis + i malaikat yang sudah berubah jadi iblis tadi. Di tengah gempuran, sang malaikat mengorbankan diri, dan 3 iblis menemukan ganja, get stoned and fly to the sky..hahahaha..
Selanjutnya lebih baik anda baca sendiri, yang jelas komik ini keren abis, dimana mana banyak terdapat kata kata ajaib + kutipan lirik lirik band rock terkenal:
1. Appetite for destruction (Gun's n Roses album)
2.The answer is blowing in the wind (bob dylan's song)
3.Paint it black (Rolling stone)
4.After the angel get some water, the horn si grow up from his head, then he say: " i have horn". And the devil say: "yeah, you're horny"
5.Don't say it with flower, amazing boring
6.Stairway to heaven (Led Zeppelin)
7.The otherside of Almighty is vandalism
8.Back in Black (ac/dc)
9.dll

    Oldskull dan Oldskull in the garden banyak bercerita tentang kehidupannya di Honolulu, New Orleans, dan Melbourne. Ada cerita tentang mengantri makanan gratis, tattoo culture, rokok, ganja dan putaw, musik, dan sedikit tentang agama. Sedangkan di komik oldskull in the den of sin, bercerita tentang kehidupan penjara di sebuah penjara di Yogyakarta.

    Di komik Oldskull, satu yang paling saya suka adalah Tobacco Road Part 1. Disitu tertulis bahwa si Oldskull ga ngerokok karena: "beside of that healthy freaky reason, why i don't smoke is just that tobacco, i mean cigarret was made & brought by colonialism exploitation product, even they pushed native people to work in the plantation, cultuurstelsel.."
WOW,, pandangan si Oldskull ternyata sebegitu jauhnya,,,

    Dari ketiga komik Oldskull kalo dibandingin secara visual, menurut saya Oldskull in the garden paling keren . Tapi kalo soal cerita, oldskull in the den of sin bercerita lebih detail seluk beluk kehidupan penjara.

    tapi yang pasti, kelima komik ini keren banget, buat yang doyan komik komik indonesia, jelas ga boleh dilewatkan. jika ingin mendapatkannya bisa hubungi mas athonk di jalan sosrowijayan, malioboro, Yogyakarta (klik disini untuk melihat profil facebooknya). Atau hubungi no hpku 085725383854 (sms only, no call).

Comments

  1. dimana ni bisa di download? :D

    ReplyDelete
  2. kayaknya di kaskus dulu ada yang posting gan...
    tapi bagusnya agan beli aja di jogja,,, dari om athonknya langsung,,hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sedikit Catatan Soal Penerbitan Munnu: Bocah dari Kashmir

Buku Buku Kaum Pecinta Alam

Resensi Film: Main Kayu ( Dokumenter tentang Ketidak adilan Kehutanan di Jawa)