Godam Reborn, Kembalinya Superhero Indonesia





Godam, tokoh superhero Indonesia karya komikus Wid N.S., lahir pada dekade 70an. Tokoh ini menjadi superhero primadona tanah air saat itu, di  saat komik Indonesia masih jaya jayanya. Seiring tenggelamnya industri komik dalam negeri, Godam pun ikut mati suri. Kini, komik Indonesia mulai menggeliat kembali. Begitupun Godam, ditangan Sungging (putra alm Wid NS) dan beberapa komikus lainnya superhero ini bangkit lagi dalam trilogy Godam Reborn. Namun Godam yang ini bukanlah Godam tahun 70an, meskipun memiliki mata rantai hubungan sejarah dengan Godam lama.
Dikisahkan seorang polisi tangguh dan jujur bernama Pandu, dalam tugasnya mengusut sebuah kasus trafficking, menjadi korban ledakan bom, dan harus dirawat dirumah sakit. Di rumah sakit itulah dia bertemu Awang, tokoh manusia dari Godam lama, dan Doktor Giri, seseorang yang terobsesi pada tokoh Godam karena pernah berutang nyawa pada tokoh itu di masa lalu, ketika seluruh keluarganya menjadi korban kerusuhan. Giri yang telah lama mengamati tingkah laku Pandu memilihnya untuk menggunakan peralatan superhero ciptaannya, dan menggunakan nama Godam. Dimulai dari saat itu, petualangan Godam reborn ini dimulai. 
Masalah pertama dimulai dengan munculnya Soma, gembong narkotika yang berhasil diseret Godam menuju penjara. Namun di dalam penjara Soma masih mampu mengendalikan anak anak buahnya untuk membunuh Godam. Dalam rencana pembunuhan Godam tersebut terlibat didalamnya Narung, anak dari kekasih Awang, Munarsih. Kedekatan Awang dengan Godam dan kebencian Narung terhadap Awang dimanfaatkan dengan cerdik oleh anak buah Soma untu memancing Godam. Terjadilah pertarungan Godam versus Narung. Kalah teknologi, Narung terdesak dan jatuh ke jurang. Saat itulah muncul Godam lama alias Awang menyelamatkan Narung. Namun kejadian itu belum mengungkapan identitas Awang sebenarnya.
Di buku ketiga, diceritakan Soma berhasil melarikan diri dari penjara dan memperoleh sebuah kostum robot canggih yang akan digunakannya unuk menantang Godam. Dalam sebuah pertarungan di Parang tritis, Godam dan Soma sama sama terluka, Beruntung, Godam diselamatkan oleh Aquanus, superhero yang bermukim di bawah laut.
Sementara Awang berada ditengah kebimbangan karena keletihannya menjadi Godam, akhirnya menyerahkan cincin ajaibnya kepada Narung. Jadilah Narung mewarisi kekuatan cincin itu dan menjadi Godam. Narung yang merasa hidupnya terganggu oleh Godam akibat ulah Soma yang menculik ibu dan kekasihnya, akhirnya menemukan Godam. Terjadilah sebuah pertempuran seru d tengah kota. Godam vs Godam.

Triogi Godam reborn ini memiliki  jalan cerita yang cukup menarik, apalagi jika ditilik dari bagaimana cerita lama dan cerita baru ini dihubungkan. Selain itu, secara grafis, terjadi peningkatan dari buku pertama hingga yang ketiga ini, meski pada buku ketiga halamannya tidak lagi full colour. Semoga kemunculan komik ini menandakan kembalinya kejayaan superhero Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Sedikit Catatan Soal Penerbitan Munnu: Bocah dari Kashmir

Buku Buku Kaum Pecinta Alam

Resensi Film: Main Kayu ( Dokumenter tentang Ketidak adilan Kehutanan di Jawa)