a story behind mapalasilvagamaproduction


 
Mapalasilvagamaproduction adalah sebuah project kecil saya beberapa waktu lalu ketika masih kuliah. Idenya sederhana saja,merekam aktivitas aktivitas alam bebas yang saya lakukan bersama teman teman, untuk sekedar bersenang senang. Motivasinya lahir dari sebuah keputusasaan mencari video video kegiatan alam bebas ditanah air yang bisa di donlot gratis dan tanpa iklan.

Dengan bekal handycam murah, project ini sempat menghasilkan beberapa karya, yang entar akan kita bahas di bagian lain dalam tulisan ini. Mei 2012, saya menyelesaikan studi, dengan  meninggalkan sebuah project ambisius yang belum selesai, hingga akhirnya file2nya membusuk bersama hardisk externalku yang juga ikut membusuk.

Beberapa karya yang dihasilkan diantaranya:


Dokumentasi pendakian Gn Slamet, yang saya rekam bersama 2 teman, Panji, dan Ableh, ketika mendaki Gunung Slamet. Ini project video agak panjang pertama yang punya konsep kayak film dokumenter gitu. Semuanya direkam tanpa skrip, spontan, dan brengsek. Hasilnya jangan ditanya, rusak berat, gambarnya kacau, soundnya kacau. Tapi aku suka.


Under The Ground. Project ini saya kerjakan dengan sedikit ambisius. Menyaingi video cavingnya Cahyo Alkantana, ahahaha.Walo dengan kamera murahan, yang penting adalah semangatnya. seperti hampir semua project yang saya kerjakan, saya adalah director, kameramen, dan editornya sekaligus.
Project ini sudah agak sedikit terkonsep, meski pelaksanaan dilapangan kacau balau dihantam hujan dan kendala kendala teknis lainnya. parahnya, tujuan utama bukanlah pada videonya,tapi pada keberhasilan dan target penelusuran gua. artinya, saya harus bisa menyesuaikan diri. Objeknya tidak bisa dan tidak mau di atur. Hasilnya, lagi lagi kacau, tapi setidaknya hati saya senang.




Argopuro, A Girl Thing. Permasalahan dari project satu ini adalah lamanya perjalanan dan gak memadainya peralatan. 10 hari perjalanan dengan 2 kamera tanpa baterai cadangan. Cukup berat mengaturnya, meski demikian saya beruntung mendapatkan rekaman burung merak, terakhir sebelum baterai kameranya habis. 



Cerita dari sungai pekalen, project terakhir yang sempat saya kerjakan, dan akhirnya jadilah video arung jeram dengan durasi action arung jeram yang sangat pendek di bandingkan dengan durasi orang ngomong dan aktivitas non arung jeram.




****

Enggak tau kenapa, hampir semua project video itu saya kerjakan waktu musim hujan. Secara pribadi, saya memang menyukai hujan sih. Walaupun petir dan gemuruhnya kayak apa, rasanya tetep aja nyaman. hahaha.

****

Mapalasilvagamaproduction kini tak berbekas. tapi tentu akan dilanjutkan dengan lainnya. Hail john..Hallow jhon!!!

Comments

Popular posts from this blog

Sedikit Catatan Soal Penerbitan Munnu: Bocah dari Kashmir

Buku Buku Kaum Pecinta Alam

Resensi Film: Main Kayu ( Dokumenter tentang Ketidak adilan Kehutanan di Jawa)