BEBERAPA HAL TENTANG BEBERAPA WAKTU YANG TELAH LEWAT


BEBERAPA HAL TENTANG BEBERAPA WAKTU YANG TELAH LEWAT
(Entah mengapa aku agak melankolis sekarang)


Apa gunanya masa lalu? Untuk dikenang kenang sembari tersenyum, mengingat bagaimana anda menjalani hari hari yang berwarna warni. Hal hal indah, menyenangkan, pahit, memalukan, menyakitkan, dan berbagai perasaan lainnya.

*****

Dalam periode hidup saya, ada masa yang paling membanggakan dan menyenangkan, menurut saya sendiri pastinya, karena menurut orang lain bisa jadi itu menjijikkan, menakutkan, tapi ada yang bilang bagus juga. Kapan itu? Jaman kuliah, waktu masih punya rambut gondrong, dan menggandrungi kegiatan kegiatan alam bebas.

Tak ada saat dimana saya merasakan kehidupan paling rokenrol yang pernah saya alami, selain masa itu. Apa coba? Tak punya kos-kosan, tinggal di kampus, lebih tepatnya sekretariat UKM kampus. Hampir 2 tahun. Kalau hati lagi pengen jalan jalan, tinggal berangkat, modal seadanya. Gunung, pantai, sungai, tebing, goa, semua yang kita inginkan. Hampir tiap minggu. Teman kuliah yang baik baik, jarang ada yang cantik. Ada sih satu dua, sebenernya yang satu aku naksir dari dulu, sampe sekarang malah. Tapi sayangnya aku malah pacaran sama orang lain, cinta juga sih, banget malah, karena cantik juga.

Nongkrongin acara musik dari dangdut sampai hardcore. Biasalah, mapala identik dengan reggae dan dangdut, proletar style. Dan anak kampus pada umumnya suka metal. Sangat sering minum minuman beralkohol, kelas proletar. Di acara apapun, gigs  gigs musik, lomba panjat, naik gunung, lagi manjat tebing, atau pas latian manjat, sebelum arung jeram, pas masuk goa, pas ada alumni dateng, pas ulang tahun sekre, pas ulang tahun teman, bahkan sebelum perkuliahan atau praktikum dimulai. Oh iya, bahkan saat jadi relawan erupsi merapi, selalu ada waktu untuk bercengkerama dengan air fermentasi tersebut. Lebih sering disekre sendiri, kadang juga di sekre tetangga. Tidur di kampus orang tau tau bangun udah rame mahasiswa mahasiswi pada kuliah? Pernah.

Temen, sahabat, kerasa udah kayak saudara, bener bener saudara. Tak pernah punya uang lebih, selalu ngepress. Bahkan pernah 2 hari ga makan karena hari libur, dan sekretariat kosong. Untung ada yang rescue. Kalo pas sama sama ga ada uang, cukuplah cari duit recehan di kos kosan teman yang terselip di bawah kasur dan buku bukunya. Beli nasi kucing dan gorengan. 3 bungkus nasi kucing dan 3 gorengan untuk orang 3. Pernah. Kalo pas bikin even senang bukan main, makan gratis, rokok gratis, minuman tersedia, dapat kaos, plus kenalan sama peserta even. Bah.

Jaman OSPEK, masih culun, udah ada bakat gondrong
Kinahrejo, Lereng Selatan Merapi, tempatnya minum yang anget anget

Pantai Siung, namanya pantai, ya harap maklum.
Parang Ndog, tempat paling sering dikunjungi, sekedar manjat dan apapun.
Kuliah lapangan, aku dimana ya?
Kuliah bro kuliah,
Liat kelakuan bajingan di sebelah saya. Baca buku pake kacamata item. Pinter.
Nyanyi gitaran dan.....
Nyanyi lagi, gitaran lagi, dan.... lagi
Pura pura nyegat truk pasir bro,,di bebeng

Suatu siang yang panas di Wanagama

Sekre kalo malem jadi begini

Pura pura ngeband

PU Getas, liat rambut gw man, awesome!!!

The dream team getas.

Metal melas, Getas

Getas panas

Lawu, sok kompak

Tlogodlingo, feels like home banget dah

Lawu lagi, abis bikin foto ini yang tengah ngambeg :p

In action

In action juga, jalur panjat yang kubuat sendiri.
Juara panjat pinang se Mapala Jogjes

In action bro
Waktu KKN, ini aslinya pinggir pantai lo bro

Taman timur, awalnya tempat bikin laporan, lama lama jadi tempat...
Foto angkatan, filenya punyaku ilang :'(
Foto angkatan juga,,

Teman kuliahku, sekarang dah pada berjaya keknya.

Anak anak 06 FKT UGM, sekarang musim kawin coy. Duh!

Anak kompleks sekre belakang, jaman masih jaya di air tanah dan udara.
Anak kompleks sekarang, usia bertambah, kedewasaan? nanti dulu. Yang pasti bertambah cuma berat badan

Bener bener hidup tanpa beban, waktu itu. Sampai pada suatu ketika, kamu harus berpikir tentang hal hal lain, menyangkut pribadimu, tentu saja, dimana hal itu membuatmu harus bergerak dari kenyamanan kehidupan berkoloni yang maut tadi. Aku pikir teman teman juga begitu. Ada rasa sedih juga ketika kita mengingat semua hal gila yang pernah kita lakukan. Sedih karena ternyata waktu berjalan cepat, namun tidak hati dan otakmu. Kita sungguh tidak akan pernah tau jadi apa kita di masa depan, tapi sungguh kita tau hal hal yang membuat kita senang.

Kita sudah melewati masa muda yang menyenangkan teman, berharap suatu saat akan ada waktu untuk bercerita kembali tentang kegilaan masa muda, bersama sama, dengan api unggun dan bir, ya bir sajalah.


********

Sejatinya, aku bukan penggila foto,  ku kumpulkan susah payah dengan mengambil dari laman facebook teman teman, dan ternyata benda itu memang mampu membekukan waktu, membuat kita mampu mengingat kembali apa apa yang pernah dilakukan. Hell yeah (Surabaya, September 2013)












Comments

Popular posts from this blog

Sedikit Catatan Soal Penerbitan Munnu: Bocah dari Kashmir

Buku Buku Kaum Pecinta Alam

Resensi Film: Main Kayu ( Dokumenter tentang Ketidak adilan Kehutanan di Jawa)