Jurnal, Rilisan Novel Grafis yang yahud

Lagi, sebuah novel grafis produksi lokal dirilis di 2013 ini, bersanding dengan lumayan banyak novel novel grafis lainnya yang juga rilis tahun ini. Jurnal, sebuah novel grafis karya Redi Murti, dari Milisi Fotocopy, sejatinya diterbitkan bulan maret 2013, dengan lisensi creative commons yang bebas dibajak. Untuk format cetak, novel grafis ini memang tidak beredar di toko toko buku, anda harus mencetaknya sendiri. Untuk format PDF, novel
grafis ini dapat diunduh disini.

Jurnal, judul novel grafis ini, sebenarnya adalah tugas akhir dari si komikus di Jurusan DKV Universitas UK. Petra Surabaya.
Berkisah tentang Ipang, seorang wartawan, yang kemudian mengalami kejadian kejadian buruk dan diskriminasi karena memperjuangkanhal yang dianggapnya kebenaran.

Dari sisi cerita, menurutku novel grafis ini klise sekali, hitam putih, dan naif. Perjuangan membela kebenaran, diintimidasi oleh kekuasaan dan uang, melarikan diri, dan kebenaran menang, meski di tempat yang berbeda. Menurut komikusnya, cerita di novel grafis ini terinspirasi dari novel Pramoedya Ananta Toer: Sekali Peristwa di Banten Selatan.

Tapi dari gambarnya, novel grafis ini luar biasa, tentu saja lagi lagi ini menurut pendapatku pribadi. Gambarnya keren, panel panel tersusun rapi, balon baln teks serta fontnya bagus, wah deh. Ditambah lagi novel grafis ini berwarna.

Afterall, novel gafis ini keren, dan kalian harus punya. Berharap Redi Murti bakal bikin lagi novel grafis lain dengan kualitas cerita yang lebih keren, dengan gaya gambar seperti ini.

Comments

Popular posts from this blog

Sedikit Catatan Soal Penerbitan Munnu: Bocah dari Kashmir

Buku Buku Kaum Pecinta Alam

Resensi Film: Main Kayu ( Dokumenter tentang Ketidak adilan Kehutanan di Jawa)