MORAL SOMETHING - ETGAR KERET

Oleh: Etgar Keret

Pria di TV itu bilang kalau pengadilan militer akan memberikan hukuman mati kepada orang Arab yang telah membunuh prajurit wanita Israel, dan banyak orang datang di TV itu untuk ngomongin hal itu, dan karena berita itu ditayangkan sampai jam setengah sebelas, mereka jadinya enggak menayangkan acara Moonlighting. Itu membuat ayah berang, ia menyalakan cangklongnya di rumah dan itu baunya nggak enak. Ia harusnya enggak ngelakuin itu karena hal itu menghambat pertumbuhanku. Ia berteriak pada ibu karena menurutnya gara gara ibu dan orang gila lainnya yang memilih Likud-lah, negaranya jadi kayak Iran. Dan ayah bilang kami akan membayar untuk itu, dan hal itu telah mengikis moral apalah — aku enggak ingat kata katanya — apalah artinya, dan Amerika enggak akan menggunakan itu dengan baik.

Besoknya, mereka ngomong ke kami tentang hal itu di sekolah, dan Tziyyon Shemesh bilang kalau kalian menggantung seorang pria, kemaluannya akan ngaceng, kayak di film porno, Tzilla, guru kelas kami, mengusirnya keluar. Lalu ia bilang setiap orang punya pandangan yang berbeda tentang hukuman mati, dan enggak peduli argumen apa yang kamu buat untuk mendukung atau menentang itu, orang orang harus memutuskan dalam hati mereka. Dan Tzachi si lamban, yang sudah tinggal kelas dua kali, menertawakannya dan berkata bahwa orang Arab akan memutuskan dalam hati mereka setelah hatinya itu, alias jantungnya, berhenti berdetak, sehingga Tzilla mengusirnya keluar juga. Dan ia bilang ia enggak akan lagi mendengarkan omong kosong apapun dan ia hanya akan bertugas untuk mengajari kami pelajaran yang biasa, dan dia membebani kami dengan satu ton pekerjaan rumah.

Setelah sekolah, anak-anak berbadan besar bertengkar tentang bagaimana kalau kamu menggantung seseorang dan dia mati, itu disebabkan karena dia tersedak atau karena talinya mematahkan lehernya. Kemudian mereka mulai bertaruh karton susu cokelat dan menangkap seekor kucing dan mereka menggantungnya di ring basket, dan kucing itu menjerit jerit, dan akhirnya lehernya benar-benar patah. Tetapi Mickie adalah anak yang culas, dan ia enggak mau membayar susu coklat, dan dia bilang itu karena Gabi menyentakkan kucing itu dan bahwa ia ingin melakukan ulang dengan kucing yang baru yang belum tersentuh siapapun. Tapi semua orang tahu itu karena ia culas, sehingga ia harus membayar. Kemudian Nissim dan Ziv bilang mereka harus mengalahkan Tziyyon Shemesh karena ia adalah seorang pembohong karena kucing itu ternyata enggak ngaceng. Dan Michal — dia adalah cewek tercantik di sekolah, kayaknya — datang dan ia mengatakan bahwa kami semua menjijikkan dan seperti binatang, dan aku jadi jijik tetapi bukan karena dia.

Comments

Popular posts from this blog

Sedikit Catatan Soal Penerbitan Munnu: Bocah dari Kashmir

Buku Buku Kaum Pecinta Alam

Resensi Film: Main Kayu ( Dokumenter tentang Ketidak adilan Kehutanan di Jawa)